Mahasiswa KKN Unisba Blitar Ajak Petani Desa Tlogo Gunakan Pupuk Organik
Artikel berita - Kategori Kegiatan Fakultas | Diposting pada : 2018-12-05 -|- 01:55:am
Share this article on

unisbablitar.ac.id, Blitar - Puluhan petani di Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, mengikuti sinau bareng Kemandirian Pola Tatanan Sehat dan Amanah yang difasilitasi mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, Senin (25/9) malam.



Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan lahan pertanian dengan menggunakan bahan yang berasal dari sekitar pertanian. Sosialisasi yang melibatkan santri Pondok Pesantren Sumber Daya Takwa Nganjuk ini diselenggarakan di balai Desa Tlogo.



Para petani sari berbagai kelompok itu antusias mendengarkan penyuluhan pertanian yang bertemakan mengajak para petani beralih agar tak menggunakan pupuk yang mengandung kimia yang bisa merusak tanah. "Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah meningkatkan ketahanan pangan di Desa Tlogo. Kami ajak petani memanfaatkan limbah untuk pupuk tanpa pestisida. Limbah tersebut bisa berupa limbah dapur, sisa sayuran, limbah pertanian seperti damen dan limbah kotoran hewan,” kata Lukman Hidayat, panitia kegiatan dari mahasiswa.



Diharapkan nantinya Desa Tlogo mampu mencapai kemandirian pangan dengan pertanian organik melalui program 1 rumah 10 polibag. "Warga dapat memanfaatkan lahan sekitar secara cerdas untuk meningkatkan hasil pertanian,” tukasnya.

Perwakilan Pondok Modern Sumber Daya Takwa Nganjuk, Alkaf Rimba Tasawuf, menuturkan, pondoknya mengusung program kemandirian Nusantara bangkit yang mengajak masyarakat menciptakan pangan sehat melalui pertanian organik dengan memanfaatkan tanaman sela. "Harapannya masyarakat mampu memanfaatkan lahan di waktu sela. Program ini sudah berjalan tujuh tahun dan alhamdulilah berjalan sukses di Nganjuk. Program ini diusung oleh 32 pondok seluruh Indonesia yang tergabung dalam Jatayu,” paparnya.



Ia juga menjelaskan bahwa pembasmian hama juga bisa dilakukan secara organik dengan penggunaan pestisida asap cair dengan memanfatakan batok kelapa yang disuling asapnya.b“Penerapannya dengan antisipasi di awal. Bukan setelah terjadi, kita kasih pestisida asap cair. Jadi penggunaanya lebih ke pencegahan,” pungkasnya.



 


P2MB Kampus Universitas Islam Balitar
Kampus 1 : Jln. Majapahit 2-4 Blitar - Jawa Timur 66131
Tlpn/ Fax (0342) 813145 Hp. 085785510433
Kampus 2 : Jln. Tanjung No. 224 Blitar - Jawa Timur