Fakultas Pertanian Unisba Blitar Gelar Workshop Pengembangan Organisasi dan Iptek
Artikel berita - Kategori Kegiatan Fakultas | Diposting pada : 2018-12-05 -|- 02:05:am
Share this article on

unisbablitar.ac.id, Blitar Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membangun jiwa entrepreneur, Fakultas Pertanian Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggelar workshop Pengembangan  Organisasi dan Iptek bagi mahasiswa, di Meeting Room Lantai 3 Kampus I Unisba, Sabtu (20/10).



Acara ini menghadirkan dua narasumber andal. Masing-masing Didik Yuli Suharyanto SP (manajer Anugrah Anggrek Nusantara Kediri) dan Zainul Arifin SH (TA Teknologi Tepat Guna Kabupaten Blitar).



Ketua pelaksana workshop Eko Siswanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan  teknologi tepat guna dalam pertanian masa depan kepada mahasiswa Fakultas Pertanian Unisba Blitar. Teknologi tepat guna itu untuk mengatasi berbagai hambatan dalam peningkatan produktivitas pertanian.



“Hampir seluruh ahli di dunia sepakat bahwa kunci utamanya adalah pada teknologi. Teknologi baru dan tepat guna diharapkan mampu meningkatkan hasil panen dengan masukan produksi yang efisien dan tidak merusak lingkungan, bahkan  mampu menangkal dampak perubahan iklim, seperti kekeringan, serangan hama dan penyakit, dan tahan terhadap cekaman fisik,” jelas Eko Siswanto.



Dikatakan lagi, melalui workshop ini, diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan hard skill yang dimilikinya. Hard skill  di sini  bukan hanya kemampuan intelektual, namun juga ketrampilan.



“Mahasiswa Fakultas Pertanian Unisba Blitar dicetak untuk menjadi calon-calon pemimpin. Dalam arti bukan pencari kerja, tetapi membuka lapangan pekerjaan baru dengan dilandasi jiwa entrepreneur yang berlandasan Islami,” tegasnya.



Dalam workshop ini, selain belajar mengenani wirausaha dan budidaya anggrek, mahasiswa juga dikenalkan mengenai teknologi tepat guna (TTG) di bidang pemberdayaan masyarakat. Teknologi tepat guna atau yang disingkat dengan TTG adalah teknologi yang digunakan dengan sesuai( tepat guna). Ada yang menyebutnya teknologi tepat guna sebagai teknologi yang telah dikembangkan secara tradisional, sederhana dan proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat tertentu.



Dikatakan Zainul Arifin selaku TA Teknologi Tepat Guna Kabupaten  Blitar, teknologi tepat guna (TTG) apabila dimanfaatkan secara optimal diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien.



“Implementasi teknologi tepat guna dipandang sebagai sebuah strategi untuk mengoptimalkan pendayagunaan semua aspek sumberdaya lokal (alam, manusia, teknologi, sosial) secara berkelanjutan yang mampu memberikan nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan pada gilirannya akan memberikan kontribusi dalam peningkatan daya saing bangsa,” katanya.


P2MB Kampus Universitas Islam Balitar
Kampus 1 : Jln. Majapahit 2-4 Blitar - Jawa Timur 66131
Tlpn/ Fax (0342) 813145 Hp. 085785510433
Kampus 2 : Jln. Tanjung No. 224 Blitar - Jawa Timur